11/21/2016

Tips beli laptop terbaru 2016

Milik Lareview project
Credit By Lareview Project

Berawal dari diri sendiri yang kebingungan dalam mencari sebuah laptop, maka berikut saya berikan tipsnya. Laptop sekarang merupakan kebutuhan kedua sebagai pendamping, selain smartphone, pacar maupun istri, hehehehe

Hal ini merupakan hal yang wajar karena tuntutan pekerjaan serta perkembangan zaman yang dialami seperti saya ini, pasti bingung menentukan laptop apa yang akan saya beli? Merk apa, spesifikasinya bagaimana? Modelnya seperti apa?
Nah dari situ saya mulai browsing laptop kesana kemari dan menemukan tips yang berguna dalam pemilihannya, oleh karena itu saya share langsung.
Di benak kalian pasti pilih laptop murah dengan spek gahar, iya kan? Mana ada bro? buat sendiri aja…hehehe bercanda, ada kog murah tapi spesifikasinya bagus.
Sebelum lanjut saya berikan sedikit pencerahan antara notebook dan laptop, karena kalian pasti pukul rata semua namanya laptop, iya kan?

·         Pertama, Notebook itu adalah  sebuah perangkat komputer kompak yang mempunyai ukuran layar 13.1 – 15 inch dengan spesifikasi yang hampir setara dengan PC biasa, memiliki penyimpanan atau harddisk lumayan besar kapasitasnya, dilengkapi dengan DVD - ROM, namun ada pula yang tidak disertai dalam paketnya contohnya notebook Lenovo S215-6495 dan Asus 1225B.
·         Kedua, merupakan perangkat kompak komputer yang memiliki ukuran lebih besar dengan ukuran layar 16 inchi keatas bobotnya pasti lebih berat dari notebook, akan tetapi ada kog yang ringan dan tipis malahan, contoh laptop yang paling gampang Laptop ASUS ROG, ALIENWARE, MSI yang belum umum tapi speknya gahar lo, dll alias spesifikasi gaming berat itu dapat dikategorikan laptop.

Langsung saja ke tema pembahasan cara memilih laptop yang sesuai dengan keinginan kalian. Berikut gambarannya
1.   Tujuan Kalian
Memilih sebuah laptop/notebook itu berawal dari apa dulu maksud dari membelinya karena dari situ kalian dapat menentukan merk laptopnya, spesifikasinya, yang terakhir budget/dana kalian. Soal kualitas brand juga dapat berengaruh, akan tetapi rerata sekarang bagus-bagus.

2.   Kategori kalian ada dimana?
§  Pelajar : Bagi kalian yang pelajar pasti gak mau speknya rendahan alias kantoran, itu diperuntukkan bagi yang cowok, saran dari saya minim pakai core i5 dengan grafis VGA 2 gb karena cowok suka main PES, FIFA dll, akan tetapi bagi yang tidak suka main game, maupun cewek cukup pilih processor intel core i3, Celeron dll, dengan grafis intel HD itu sudah mumpuni. Kenapa pakai intel karena merupakan prosesor umum dikenal dan yang pasti friendly di telinga kalian.
§  Pegawai : tidak membutuhkan spesifikasi tinggi karena kebutuhannya hanya mengerjakan tugas kantor, browsing mentok nonton film dengerin musik dan melihat youtube, pasti mubazir kalau speknya gahar, cukup memakai core i3 generasi berapapun, dan merk laptop apapun, untuk pegawai menengah banyak pilhannya kalo kalian seorang bos baiknya pakai Apple Mac Book karena terkesan prestige plus logonya bias nyala juga, hehehe
§  Multimedia : bagi kalian yang suka main game atau hobi desain dan editing video harus memilih spesifikasi laptop yang tinggi, processor digunakan adalah intel core i5/ i7 processor dan VGA yang digunakan bias pakai AMD maupun NVIDIA Geforce. Dengan ram minimal sebesar 2-8 gb contohnya Laptop ASUS ROG(Republic of Gamer), Alienware, MSI, itu spesifikasinya gahar semua lo, dikhususkan para gamer editing video dan grafis, akan tetapi tidak selalu pakai itu, yang penting pakai core i7 dan VGA cardnya 2gb itu sudah mumpuni untuk desainer maupun editing video yang tidak begitu berat kalo dipakai game berat tidak disarankan karena akan jebol seperti laptop saya dulu. Game berat itu memperpendek usia dari perangkat prosesor dkk. Tapi beda kalo dikhususkan untuk gamer karena sudah dihitung durability-nya.
3.   Harganya
Pada Bagian ini kalian paling banyak yang mempertanyakan. Harga sebuh laptop baru itu bergantung dari dollar, kenapa sih? Karena semua laptop itu diimpor dan kurs yang dipakai untuk impor itu dollar jadi ketika naik pasti harga semua laptop naik, itu yang sering mereka pakai sebagai alasan, padahal harga dollar turun harga tetap sama saja. Strategy marketing, Setelah menentukan kategori kalian dimana, budget harus disiapkan untuk membeli sebuah laptop. Sebaiknya beli perangkat elektronik laptop itu yang baru jangan bekas karena kita tidak mengetahui jeroan dari laptop bekas.
Anda punya uang 1-5 jtaan berarti anda tergolong pelajar dan pegawai, budget yang anda miliki 6-10 jt berarti anda mid gamers, desainer dan editor,  budget 10-100 jt berarti anda professioanal gamers, desainer dan editor karena dengan range budget yang digolongkan tersebut membuat kalian yakin dan pasti budget yang dimiliki itu merk dan speknya sudah jelas tidak ngambang dan tambah galau.

4.   Garansi dan Servis
Bila beli baru ya pasti bergaransi, oleh karena itu pastikan layanan garansinya jelas dan servis center ada di kota kalian mudah dijangkau, akan tetapi bagi kalian yang jauh dari kota bisa menghubungi layanan servis secara online sehingga dapat dikirimkan melalaui paket. Karena suatu produk pasti ada cacatnya kalau dari segi software dapat diperbaiki di toko computer tanpa harus jauh-jauh ke servis center, pastikan belilah yang merk umum karena pasti tersebar dimana-mana layanan servisnya.kalau bekas ya beli di toko computer aja karena merkea pasti bertanggung jawab laptop yang mereka jual. Hehehehe


Capek juga menulis tipsnya lumayan menguras otak, hehehe tapi gak masalah berbagi ilmu adalah hal yang baik, sebarkan walaupun sepatah kata. Itulah gambaran dari tipsnya semoga kalian tidak bingung dan semakin yakin karena saya dulu bingung baca di internet yang isinya bukan ngasih tips malah bikin galau. Oia tambahan lagi saran dari teman juga dipertimbangkan khusunya yang sudah pakai laptop yang direkomendasi jangan berdasarkan apa yang ada diinternet semuanya bilang bagus tidak ada jeleknya. Sekian berbagi tipsnya semoga bermanfaat salam Larevie Project.

No comments: