11/22/2016

Bayar pajak kendaraan di Samsat cuman 15 menit!

Lareview Project
Saatnya bayar pajak motor

Orang bijak taat pajak, berawal dari slogan pajak tersebut mencerminkan kualitas diri, nah dari situ terlihat bahwa semua fasilitas yang kita nikmati sekarang asalnya ya dari kita sendiri, contohnya jalan raya (walaupun ada yang berlobang dan bergelombang). Hehehe, penerangan (juga tidak disemua jalan nyala, ada cmn tiangnya saja, lampu tetep mati), hehehe.

Eitss.... kita tidak akan membahas itu, yang saya bahas adalah cara membayar pajak tahunan motor, sekali lagi per-1 tahunan yah bukan telat bertahun-tahun. Karena yang saya bahas kemudahannya dalam pembayaran. Langkah - langkah dalam pembayarannya saya jelaskan sebagai berikut.


1.     Cek total pembayaran pajak

Bingung ya dimana? Hayoo, mudah kok coba lihat stnk kalian sendiri, lihat pada bagian pajaknya biasanya warna coklat (warna umum ya), lalu lihat pada bagian tabel yang berisikan nominal dari pajak simak gambar di bawah ini :


Lareview Project
Total Bayar Yang Dilingkari Warna Merah


2.     Biaya Pajak


Apabila sudah melihat total dari pajak yang akan dibayar, siapkan uang kalian pastinya hehehe, eittsss, jangan terburu-buru ke samsat, tambahkan uang sebesar Rp. 25.000,- sebagai biaya parkir langganan khusus motor, yah memang sih kalo parkir ke pasar, mall, ataupun ke ruko tetep bayar. (Sedikit informasi biaya parkir berlangganan itu masuk ke kas daerah bukan polisi). Sekarang kok tidak dikasih stiker biaya bebas parkir yah?


3.     Siapkan kendaraan


Pastikan kalian membawa kendaraannya R2 yang akan kalian perpanjang pajaknya, ya percuma kalian ikuti petunjuk ini apabila kalian tidak membawanya langsung, bisa sih tapi kalian harus masuk ke kantor samsat yang ribet banget langkah-langkahnya. Pastikan motor kalian lengkap utuh sesuai dengan undang-uandang yang berlaku. Tau sendiri kalian akan kemana? Hehehehe, kalo tidak standar berangkat bawa motor modif, pulang naik bus/ angkot. Hahahaha.


4.     Menuju Samsat


Pastikan pemilik dari kendaraan tersebut atas nama sendiri bukan atas nama orang lain, biar tidak disuruh pulang karena fasilitas samsat DRIVETHRU untuk mempercepat kalian dalam pembayaran pajak 1 tahunan dan mengurai antrian di dalam kantor samsat. Silahkan menuju samsat terdekat di daerah kalian, pastikan jangan keliru masuk jangan sungkan tanya kepasa bpk polisi yang ganteng-ganteng, atau petugas samsat biar tidak kesasar. Silahkan tanya DRIVETHRU pajak 1 tahunan ada dimana? Biasanya terletak tidak jauh dari pintu masuk dari samsat tertulis besar DRIVETHRU pajak 1 tahunan. Keluarkan pajak dari plastiknya biar cepat diproses karena pasti antrianya mengular dan siapkan uang pas sesuai dengan poin 1 dan 2 di atas. Selanjutnya bawa KTP asli jangan fotokopi maupun dalam bentuk surat kehilangan karena bakalan ribet banget nanti.


5.     Kesimpulan
Pengalaman adalah guru yang paling berjasa maka dari itu cobalah melakukan sendiri tanpa bantuan calo atau saudara. Bukannya tidak boleh, bermaksud agar kalian itu mengerti jumlah pajak yang telah dibayar itu berapa dan tidak akan dibohongi kalau kalian diuruskan orang lain, oia sekarang calo sudah diberantas juga. Hehehehe

Jadi mudah bukan dalam mengurus pembayaran pajak 1 tahunan sendiri, sekali lagi jangan lupa siapkan hal-hal berikut :
  •          Kendaraan R2 yang akan di perpanjang pajaknya, standar diler jangan ada yang kurang
  •          Pajak motor (biasanya seplastik dengan STNK)
  •          KTP asli bukan kopian
  •          Uang untuk bayar pajak, hehehe


Berbagilah ilmu walaupun sepatah kata, karena amal dari ilmu yang positif akan menjadi amal tanpa henti tapi jangan di copy trus paste. Terima kasih telah membaca di blog saya silahkan share apabila bermanfaat dan jangan lupa ikuti melalui email agar dapat informasi unik dan bermanfaat. Salam Lareview Project.

No comments: